Sunday, February 15, 2009

Jam Mundur, alias Terbalik !!!

Mungkin lo pernah liat jam dinding yang arah jarum jamnya terbalik atau mundur dijual ditoko2, jam mundur emank bikin orang yang melihatnya jd penasaran karna unik. Sebenarnya untuk membuat jam dinding kita menjadi mundur mudah sekali, yang kita perlukan hanya ketelitian saja, karna kita akan membongkar jam tersebut. Untuk membongkar jamnya sendiri sih emang mudah, tp biasanya kita akan mengalami kesulitan saat memasangnya kembali.

Untuk memodifikasi jam dinding ataupun jam weker kita menjadi mundur, yang pertama kita lakukan adalah membongkar jam tersebut.

jam1.jpg

Kemudian melepaskan gear2nya, sebaiknya lo inget2 posisi gearnya, karna nanti akan dikembalikan lagi, kadang bagian ini yang bisa bikin frustasi, soalnya gearnya kecil2. Kemudian lo cari komponen jam yg bentuknya lilitan kawat tembaga. Nah, di lilitan tembaga itu ada plat magnet ato apalah namanya (kek digambar bawah) trus lo ambil.

jam2.jpg

Setelah lo ambil, lo balik 180 derajad. Kadang untuk tipe jam tertentu lo harus motong/kikir tepian plat itu biar bisa dipasang lagi.

jam3.jpg

Kemudian lo pasang lagi plat yg udah lo putar balik 180 derajad td ke lilitan kawat tembaga dan kembalikan ke tempatnya semula. Setelah itu pasang kembali gear2 dan komponen jam yang lain ke tempat asalnya, bagian ini kadang jadi bagian yg paling susah.

jam4.jpg

Selesai, tinggal lo pasangin batre lagi n jarum jam lo bakal mundur, gampang kan, heheheheh,....

*Sumber :='backwardstime-moddy';

1 comment:

  1. klo buat jam tangan gmn?
    kecil bgt komponennya,,
    kasih triknya dnk,,thx,,

    ReplyDelete