Monday, February 9, 2009

Mp3Gain

Semua orang pasti tau mp3, format audio paling populer saat ini, ukuranya relatif kecil antara 3 mb atu lebih, tergantung durasi lagu dan bitratenya. Karna ukurannya yg relatif kecil itu maka banyak orang mengoleksi mp3 di komputer mereka, saat ini mungkin ada puluhan Mb atau bahkan Gb mp3 yang ada di harddisk anda saat ini, saya sendiri sudah mengumpulkan 10 Gb lbh file mp3, sekitar 2500 lagu lebih.

Mungkin anda pernah memutar file mp3 di komp anda, kemudian mengatur volume speaker anda agar pass dan enak di dengar, kemudian saat pergantian lagu volume menjadi berubah, bisa menjadi lbh kencang ataupun lebih pelan, hal ini di karenakan setiap file mp3 memiliki gain yang berbeda2 karena proses recording, mixing dan mastering yang berbeda pula. Agar setiap file mp3 koleksi anda memiliki gain yang sama sehingga anda tidak perlu bolak-balik mengatur volume speaker anda, maka anda harus menyamakan gain setiap file mp3 anda, salah satu software yang dapat digunakan untuk merubah gain atau normalize file mp3 ada lah Mp3Gain.

Untuk menggunakan Mp3Gain, anda bisa mengaksesnya melalui start-->all program-->Mp3gain, tentu saja setelah anda menginstalnya, kemudian jendela mp3gain akan muncul.

mp3gain


Anda tinggal menambahkan file atau folder mp3 anda dengan mengklik tombol 'add files' atau 'add folder' atau langsung drag n drop file atau folder mp3 anda kedalam list mp3 gain.


mp3gain2


Pada Target Normal Volume anda isikan 89db karna pada level ini mp3 akan terbebas dari peak atau suara yang pecah, apabila mp3 sudah di normalize pada 89db namun masih terdapat peak (list di mp3gain akan berwarna merah) berarti file mp3 tersebut telah tercompress atau proses recording, mixing dan mastering yang tidak berkualitas. Setelah itu klik tombol Track gain, maka proses normalisasi akan berjalan.


mp3gain3


Mp3Gain dapat Di Download disini,...

No comments:

Post a Comment